Kamis, 03 November 2016

TUMBUHAN PEMAKAN SERANGGA


 kali ini saya akan membahas tumbuhan yang gemar memakan serangga yaitu si kantung semar. Tumbuhan kantung semar tumbuh di rawa-rawa. Sebagai tempat tumbuh,kandungan nitrigen di rawa-rawa sangat sedikit, sehingga tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan tumbuhan. Untuk memenuhi kebutuhan nitrogen, tumbuhan kantung semar bergantung pada serangga sebagai makanannya. Serangga mengandung banyak nitrogen. pasti di dalam benak kalian bertanya-tanya bagaimana cara kantung semar memakan serangga ?
Perhatikan Gambar kantung semar diatas, daun kantung semar berbentung seperti piala. Dinding dalam piala mengeluarkan nektar (cairan manis bahan pembuat madu) untunk memikat serangga. Serangga yang terpikat oleh nektar tersebut akan hinggap pada dinding piala yang licin dan jatuh kedalam cairan di dalam daun. Cairan daun inilahyang melarutkan serangga, kemudian, daun akan menyerap nitrogen dari serangga tersebut.

Ada juga tumbuhan pemakan serangga lainnya, yaitu tumbuhan venus. Daun venus berengsel dan berbulu. Daun itu terbuka menunggu serangga datang. Saat serangga menyentu bulu-bulu peka pada daun, Kedua bagian dau akan mengatup dengan cepat. Kemudian, daun akan mencernakan serangga dan menyerap nitrogennya.

Sumber : https://ufikmuckraker.wordpress.com/2012/04/05/kantung-semar-si-pemakan-serangga/

1 komentar: